Thursday, December 6, 2012

Cara Meletakan Blocks Di Bagian Tengah Kolom

Moodle: Cara Meletakan Blocks Di Bagian Tengah Kolom

Seperti yang saya sebutkan di posting sebelumnya, kali ini saya akan berbagi cara modifikasi moodle yaitu cara meletakan blocks moodle atau menu menu moodle di kolom bagian tengah halaman seperti pada gambar di bawah ini. 
Cara Meletakan Blocks Di Bagian Tengah Kolom
Pada gambar tersebut setelah menghidupkan turn editting on, maka akan muncul tanda panah ke kiri dan ke kanan pada kolom bagian tengah. jika anda tidak mengedit scriptnya maka tanda panah kiri dan kanan pada kolom tengah tidak akan muncul. Pada web tersebut saya meletakan site desscription di bagian tengah yang awalnya terletak di kolom bagian kanan. Websitesaya menggunakan moodle 1.9.

Tanda panah kiri kanan pada kolom bagian tengah tersebut dapat muncul dengan mengedit script script berikut.
/index.php
/course/format/weeks/format.php (Jika menggunakan format topik, perlu di edit juga /course/format/topics/format.php)
/lib/blocklib.php
/lib/pagelib.php
/theme/theme_name/styles_color.css ( theme_name adalah nama thema yang digunakan)  

Berikut saya share file yang sudah diedit jadi tinggal replace saja file anda yang lama dengan file yang baru. Jangan lupa untuk membackup file asli anda agar jika terjadi kegagalan dapat dikembalikan seperti sediakala.
 Download file yang saya sebutkan di atas melalui link ini, kemudian skip ads. Setelah file di download anda ekstrak file tersebut kemudian letaka secara manual file tersebut ke directory yang sudah disebutkan diatas.

Itu saja yang saya sampaikan, jika ada pertanyaan silakan tinggalkan komntar. Secepatnya akan saya balas sesuai dengan kemampuan saya.

Artikel Terkait :

No comments:

Post a Comment

Pengunjung yang terhormat, Silakan tinggalkan jejak Anda