Wednesday, May 30, 2012

Memperbaiki Laptop/Netbook yang Cepat Panas

Aspire one D255
Berawal dari kejadian netbook saya mati kepanasan yang saya posting sebelumnya saya mencoba melakukan modifikasi terhadap casing netbook acer Aspire one D255. tersebutKali ini saya akan berbagi tips untuk mengatasi laptop yang cepat panas, bahkan mati karena kepanasan (overheat). Sebelumnya lakukan perawatan terhadap laptop anda dengan baik. Bersihkan debu yang menmpel pada ventilasi udara pembuangan panas. Pokoknya sampai kinclong deh. Jika sudah barulah anda terapkan tips mengatasi laptop yang cepat panas.

Prinsip kerjanya yaitu mempercepat pembuangan panas yang dihasilkan laptop. Sistem pembuangan panas yang saya terapkan adalah memperluas permukaan dang menggunakan bahan yang cepat menyerap panas dan cepat membuang panas, sederhananya bahan yang cepat panas dan cepat dingin. Saya menggunakan alumunium yang terdapat pada kaleng minuman ringan karena bahan tersebut cepat menyerap panas dan cepat pula dingin.

kaleng minuman ringan
Maksud dari penggunaan bahan tersebut agar panas yang dihasilkan laptop bisa cepat diserap oleh alumunium dan segera alumunium menyesuaikan kembali suhunya dengan suhu lingkungan (ruangan). Jadi panas yang dihasilkan laptop akan di pindahkan ke lingkungan dengan cepat menggunakan perantara alumunium.

Setelah paham prinsip kerjanya, sekarang kita lakukan

Bahan yang diperlukan:
  • Kaleng minuman ringan
  • plester doubletip
  • LCD cleaner (jika ada)
Alat yang diperlukan:
  • Gunting
gulung berlawanan
Langkah-langkah:
  1. Gunting kaleng minuman sehingga kita memperoleh bagian selimut silinder kaleng(untuk selajutnya disebut "plat").
  2. Gulung plat ke arah berlawanan. dengan maksud menghilangkan lengkungan pada plat. usahakan agar rata. (Jangan meratakan dengan cara memukul-mukul !)
  3. Tentukan bagian laptop mana yang paling panas saat laptop menyala. (cukup di raba saja pakai tangan)
  4. Sesuaikan bentuk plat dengan mengguntingnya  agar sesuai dengan permukaan bagian pada laptop yang cepat panas.(sebaiknya sudut-sudut plat dibuat tumpul agar tidak membahayakan dan memperkuat daya rekat double tip)
  5. Bersihkan permukaan laptop yang akan dtempeli plat dan bersihkan platnya. Ini dimaksudkan untuk memperkuat daya rekat double tip)
  6. Tempelkan double tip pada pinggir plat secara rapi (kalau tidak rapi juga tidak apa2, kan laptop anda. Bukan punya saya..:D)
  7. Buka double tip dan tempelkan plat pada bagian laptop yang paling panas. Pastikan tertempel dengan rata dan kuat.
  8. Selesai.
sudah jadi
Jika saat laptop dihidupkan bagian kaleng terasa panas berarti anda berhasil, sekarang tinggal pasang kipas angin di dekatnya. Mungkin jika anda punya uang bisa menggunakan cool pad (kipas buat bawah laptop, bahasa kerenya)

Kelemahan tips dan sebagian solusinya:
  • Kesulitan saat menggunting dan meratakan plat kaleng. kalau anda punya uang sebaiknya menggunakan alumunium foil saja.
  • Kerapian saat menempelkan plat. Usahakan tempelkan sedikit demi sedikit sambil diratakan. Kalo anda beruntung sekali tempel langsung berhasil.
  • Daya rekat double tip yang kurang kuat/cocok dengan bahan kaleng, coba ganti dengan perekat yang lebih kuat dan tahan panas.
  • Laptop anda menjadi berbeda dari laptop yang dikeluarkan pabrik. (lebih unik dan sedikit berantakan ..:D)
Sekian semoga bermanfaat. 
Original Idea by: Arif Rahman Hakim (yuzank.blogspot.com)

Artikel Terkait :

3 comments:

  1. "..karena bahan tersebut cepat menyerap panas dan cepat pula dingin."

    "Maksud dari penggunaan bahan tersebut agar panas yang dihasilkan laptop bisa cepat diserap oleh alumunium ..."

    "Jika saat laptop dihidupkan bagian kaleng terasa panas berarti anda berhasil, sekarang tinggal pasang kipas angin di dekatnya. ...."

    Jadi, kalau suhu diluar laptop kurang dingin ditambah pula tidak ada pendingin sang kaleng tersebut, maka panasnya akan melebihi daripada sebelumnya donk, bung.. wah, ujung-ujungnya kipas-kipas juga ya.. :D hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malam sob, saya hanya ingin mengucapkan terima kasih kepada anda, karena dengan solusi ini, alhamdulillah, laptop saya sudah tidak terlalu kepanasan karena menahan suhu panas. Tentunya berkat tips di atas..

      Oh iya, tapi ada satu lagi tips yang saya terapkan melalui pengaturan program microsoftnya, yaitul mengatur "Pengaturan Power" monitor, harddisk, dsb.

      itu saja. sekali lagi terima kasih.. ;)

      Delete

Pengunjung yang terhormat, Silakan tinggalkan jejak Anda