Tuesday, November 13, 2012

Memperbaiki Laptop/Netbook yang Cepat Panas (2)

yuzank.blogspot.com

Postingan kali merupakan sambungan dari postingan Memperbaiki Laptop/Netbook yang Cepat Panas yang sebelumnya. Laptop yang cepat sekali panas memang sedikit banyak mengganggu kinerja laptop maupun kenyamanan pengguna. Berikut ini adalah hal-hal yang terjadi jika laptop cepat panas.

  1. Memperlambat kinerja laptop, karena perangkat yang panas tidak mampu memproses data secara optimal dibandingkan dengan perangkat yang dalam kondisi dingin (suhu ruangan = 25 derajat C).
  2. Menggangu kenyamanan pengguna sebab saat disentuh akan terasa panas dan beresiko terjadi hank/lag.
  3. Jika panas sudah melebihi toleransi yang disediakan oleh processor maka laptop kita akan mati mendadak. keadaan yang terakhir ini adalah keadaan yang sangat parah dan beresiko tinggi terjadi kerusakan pada laptop.
Untuk mengatasi masalah tersebut ada beberapa tips yang dapat anda terapakan yaitu:
  1. Memberi jarak antara meja tempat laptop dan laptop anda, (Biasanya saya menggunaka ganjal dari buku tebal). Hal ini bertujuan agar lubang pembuangan panas tidak tertutup serta memperluas permukaan pembuangan panas laptop.
  2. Menggunakan laptop di ruangan yang memiliki sirkulasi udara bagus (udara selalu bergerak). Saya biasanya menggunakan kipas angin yang di arakan ke laptop.
  3. Selain menyangga laptop, usahakan meja yang digunkan terbuat dari logam. Hal ini bertujuan untuk segera memindahkan panas yang dihasilkan laptop ke logam (menerapkan prinsip kerja heatsink pendingin processor).
  4. Menggunakan kipas pendingin khusus untuk laptop (jika ada).
Hal yang tidak dianjurkan pada saat menggunakan laptop.
  1. Meletakan laptop dipangkuan tanpa melapisi dengan papan atau sesuatu yang keras dan datar.
  2. Meletakan laptop di atas kasur, bantal, atau boneka karean dapat menutup lubang pembuangan panas.
  3. Menggunakan pembungkus lapto yang terbuat dari kain. Memang pembungkus terssebut melindungi laptop dari benturan benda keras namu sangat mengganggu sirkulasi pembuangan panas yang dihasilkan laptop/netbook.
Sekian dulu yang dapat saya share terhadap saudara sekalian, semoga bermanfaat

Artikel Terkait :

1 comment:

  1. bro, sy mau tanya kalau netbook/laptop dibongkar boleh tidak, soalnya masa garansi udah habis, tapi sticker yg nempel pada baut buat bukti garansi masih tertempel rapih/belum rusak ?

    ReplyDelete

Pengunjung yang terhormat, Silakan tinggalkan jejak Anda